Prinsip Pelaksanaan KKL

 
  1. Latar Belakang

Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Muhammadiyah Sinjai sebagai lembaga pendidikan mempunyai peranan penting dalam melaksanakan pembangunan masyarakat di bidang pendidikan. Bahkan lebih dari pada itu, STIP Muhammadiyah Sinjai merupakan salah satu pusat pengembangan ilmu pengetahuan. Namun, tidak bisa dipungkiri, ilmu dan pengetahuan yang diperoleh di Perguruan Tinggi membutuhkan aplikasi rill di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, aspek pengabdian masyarakat senantiasa melekat pada visi dan misi Perguruan Tinggi itu sendiri, sebagaimana dijelaskan dalam Tri Darma Perguruan Tinggi. Dengan demikian, pelaksanaan Kuliah Kerja Lapang (KKL) STIP Muhammadiyah Sinjai tidak hanya dimaksudkan sebagai kegiatan akademik yang bertujuan untuk menyelesaikan mata kuliah semata, akan tetapi lebih daripada itu juga dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya pembinaan dalam bidang keagamaan.

Dalam konteks tersebut, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Muhammadiyah Sinjai sebagai lembaga Pendidikan Tinggi di Kabupaten Sinjai dituntut keterlibatannya secara akademis dalam masyarakat. Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan salah satu dari bentuk kegiatan akademis yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dalam operasionalisasinya, KKL STIP Muhammadiyah Sinjai dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan mata kuliah yang harus diselesaikan oleh Mahasiswa STIP Muhammadiyah Sinjai dengan bobot kredit 4 (empat) satuan kredit semester (sks). Pelaksanaan KKL disamping merupakan mata kuliah, juga merupakan penjabaran dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidangĀ  Pengabdian kepada Masyarakat. Dengan demikian, KKL bagi mahasiswa mutlak dilaksanakan dan diikuti oleh semua mahasiswa.

  1. Tujuan

Tujuan umum

  1. Membentuk sarjana muslim yang berakhlak mulia, berilmu, cakap serta mempunyai kesadaran tanggung jawab atas kesejahteraan umat, masa depan bangsa dan negara.
  2. Menghasilkan sarjana penerus pembangunan bangsa yang unggul, islami dan entrepeneurship serta mampu menjadi motivator dan inovator di tengah masyarakat.

 

Tujuan Khusus

  1. Melaksanakan tugas akademik.
  2. Meletakkan agama sebagai motivasi kegiatan masyarakat.
  3. Mengembangkan pemikiran mahasiswa dalam rangka menelaah dan memecahkan problem-problem dalam masyarakat secara lintas sektoral.
  4. Melatih dan mendidik mahasiswa, untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapatkan selama perkuliahan.
  5. Membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan, khususnya di pedesaan.